Penyebab Dan Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok

Masalah pada rambut yang paling tidak di inginkan semua orang adalah rambut rontok, karena rambut disebut-sebut sebagai mahkota bagi wanita.  Apalagi buat seseorang yang suka memperhatikan penampilan rambutnya, bilamana rambut rontok itu merupakan masalah yang besar dan sangatlah mengganggu penampilan.

Banyak sekali penyebab rambut rontok, salah satunya yaitu dari makanan yang mempunyai rasa pedas serta setres.Untuk menjauhi kerontokan pada rambut dan mengobatinya berikut penyebab dan tips cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

"Penyebab Rambut Rontok"

Obat-Obatan
Bahan kimia, memang umum mempunyai efek samping yang banyak. Dan ada juga dari berbagai banyak obat, yang ternyata efeknya bisa merontokkan rambut. Tapi, jika obat yang di gunakan selesai maka rontokpun berhenti.

Makanan
Terkadang makanan pedas dan berminyak, memberikan rasa yang lebih nikmat dari makanan biasa-biasa saja. Tapi, perlu anda ketahui bahwa dari makanan tersebut adalah awal munculnya penyakit pada tubuh. Salah satunya kulit kepala akan kelebihan minyak, dan mengakibatkan rambut menjadi rontok atau akan bertambah masalah seperti munculnya ketombe.

Penggunaan Alat Rambut
Hairdryer, sisir, mewarnai, dan penggunaan ikat rambut. Memang memberikan rambut lebih berkaya dan lebih enak di pandang. Tapi, jika hal tersebut sudah berkelebihan atau tidak sesuai dengan aturannya. Maka muncullah masalah yang sedang kita bahas ini.

Hamil
Penampilan wanita hamil, akan lebih buruk dari wanita yang biasa saja. Hal demikian bisa dipengaruhi karena telogen effluvium yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Masalah ini biasanya akan muncul setelah 3 bulan setelah melahirkan.



"Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok"

Usapkan Lidah Buaya
Lidah buaya memang sudah lama dikenal sangat berkhasiat bagi rambut dan kulit kepala. Salah satu cara alami untuk mengatasi rambut rontok pun juga dapat menggunakan tanaman ini. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak terkandung pada lidah buaya, rambut pun akan menjadi lebih subur dan kulit kepala juga akan menjadi lebih sehat.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu mengembalikan sel-sel kulit rusak serta meremajakan dan membentuk sel-sel jaringan rambut agar jadi lebih sehat.

Untuk itu, tidak heran jika lidah buaya banyak digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah. Hanya dengan mengambil potongan lidah buaya yang cukup tebal, lalu mengusapkan dagingnya ke kulit kepala, tunggu selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Balurkan Seduhan Teh Hijau
Teh hijau mungkin merupakan salah satu minuman favorit Anda. Namun jangan salah, teh hijau juga dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dikarenakan anti oksidan tinggi yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga menjaga kondisi rambut agar tetap sehat.

Cara penggunaanya juga tidaklah sulit, tinggal menyeduh dua kantung teh hijau dengan air hangat, lalu membalurkannya ke rambut serta kulit kepala, diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

Usapkan Minyak Kemiri
Sekarang ini mungkin sudah jarang diantara kita yang masih menggunakan minyak kemiri sehari-hari. Namun, jika kita ingat kembali, nenek dan kakek kita mungkin masih sangat sering menggunakan minyak kemiri untuk kesuburan rambut serta untuk menumbuhkan kumis dan jenggot.

Dan ternyata, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Tidak harus membuat minyaknya sendiri, di jaman yang sudah serba praktis ini, Anda cukup membeli minyak kemiri yang sudah dikemas dalam botol, lalu mengusapkannya ke rambut yang rontok beserta dengan bagian dari kulit kepala, hasilnya pasti akan memuaskan.

Tumbuk Daun Seledri, Usapkan sebagai Pengganti Sampo
Daun seledri juga dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan kesuburan rambut. Untuk itu, daun seledri juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan daun seledri kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, zat besi, kalsium, serta natrium yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga jadi lebih sehat, kuat dan berkilau.

Hampir sama dengan lidah buaya, daun seledri ini juga dapat digunakan sebagai pengganti sampo untuk mengatasi rambut Anda yang rontok.

Ada dua cara pemakaian daun seledri sebagai sampo atau masker rambut. Yang pertama Anda dapat mengambil segenggam daun seledri yang sudah dicuci bersih, lalu dipotong kecil-kecil. Setelah itu, rebus dengan air hingga mendidih dan kemudian pisahkan air dari ampasnya.

Air rebusan tersebut lalu dicampur dengan satu sendok makan cuka dan usapkan di kepala setelah keramas, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Cara kedua adalah dengan menumbuk 7 hingga 10 daun seledri segar yang sudah dicuci bersih. Gosokkan tumbukan daun tersebut pada rambut lalu pijat secara perlahan selama 15 menit. Kemudian, bungkus rambut Anda dan diamkan selama kurang lebih satu jam dan kemudian bilas hingga bersih.